Senin, 12 Desember 2011

Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

Setiap orangtua pasti pernah menghadapi kenyataan anaknya susah makan, khususnya makan makanan yang kita anggap makanan sehat. Anak cenderung hanya mau makan makanan yang justru tidak dianggap sehat, seperti permen dan snack.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi anak susah makan dan menumbuhkan kembali selera makan buah hati anda:
  1. Rasakan apa yang anak anda rasakan. Bila makanan yang anda berikan kepada anak anda tidak terasa enak, maka anak anda pun akan merasakan hal yang sama. Jadi pastikan makanan yang anda sajikan mempunyai rasa yang menarik bagi anak anda.
  2. Biasakan sedini mungkin untuk tidak memberikan makanan yang memiliki rasa yang berlebihan, misalnya sangat gurih dan sangat manis. Makanan yang memiliki rasa gurih dan manis berlebihan biasanya ada pada makanan ringan atau snack dan berbagai macam jajanan, seperti chiki dan berbagai jenis softdrink. Sebab jika anak anda telah terbiasa dengan rasa supergurih dan manis, maka makanan yang dimasak di rumah menjadi tidak menarik karena rata rata masakan rumahan memiliki rasa yang cenderung biasa biasa saja.
  3. Kalaupun terpaksa harus jajan, biasakan dan perkenalkan sedini mungkin kepada anak makanan makanan yang berbahan dasar yang aman, seperti yang berbahan dasar beras, tepung tepungan seperti tepung beras dan sejenisnya. Makanan seperti ini misalnya, lontong isi, serabi, wika ambon, kue lumpur, kue lupis, kue pisang, pisang goreng, lemper, lumpia, lapis lebit, roti, pastel, dan banyak lagi yang sejenis itu. Makanan tersebut memiliki kedekatan dengan makanan yang sering kita masak di rumah.
  4.  Atur jeda waktu makanan yang satu dengan yang lain. Jika anda mengharapkan anak anda makan siang jam 12 siang, maka pastikan 1 sd 3 jam sebelumnya tidak memakan makanan yang bisa mengganggu selera makan. Jadi jangan sekali kali memberikan 1 gelas atau 1 botol susu dalam jangka waktu yang terlalu dekat dengan jam makan utama anak anda. Sebab, jangankan sebotol susu, sepotong kue manis yang anak anda makan 1 jam sebelum waktu makan utama akan mempengaruhi selera makan anak anda.
  5. Berikan multivitamin yang dapat memperbaiki metabolisme pencernaan anak anda.
  6. Biasakan memberikan makan dalam porsi yang sedikit terlebih dahulu, dan jangan langsung memberikan porsi yang jumlah besar. Karena hal demikian dapat mengintimidasi selera makan anak anda.
  7. Bila anak anda makan makanan utama dalam jumlah yang menurut anda masih kurang, jangan segan untuk mengulanginya atau memecah jadwal makan menjadi lebih sering. Dengan kata lain, makan sedikit tapi sering.
  8. Perhatikan menu apa yang menjadi kesukaan anak anda, jika perlu catat menu kesukaan tersebut, dan usahakan diselang seling pemberiannya, sebab menu kesukaanpun bisa menimbulkan kebosanan jika terus menerus diberikan kepada anak anda.
  9. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan. Sebab anak anak belum terlalu mengerti pentingnya makanan bagi kesehatan tubuh. Anak cenderung melihat, memilih dan menjalani sesuatu sebagai suatu permainan yang menyenangkan hatinnya. 
  10. Jangan membiasakan meletakan semua makanan (khususnya makanan yang dapat mengganggu selera makan anak anda) di meja yang selalu terlihat oleh anak. Dengan kata lain, jangan jadikan meja di rumah sebagai etalase makanan yang dapat merusak selera makan. Lebih baik yang selalu diletakanlah di meja adalah buah buahan, sebab buah buahan cenderung tidak merusak selara makan, kecuali buah buahan yang mengenyangkan.
Demikian beberapa tip untuk mengatasi anak susah makan. Bila semua hal di atas telah anda lakukan namun selera makan anak anda belum juga pulih, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jangan sampai anda kehilangan moment Golden Age anak anda, yaitu suatu moment di mana pertumbuhan otak anak anda sedang pesat pesatnya, dan apabila pada masa itu terjadi kekurangan nutrisi, maka pertumbuhan kecerdasan anak anda menjadi tidak optimal di kemudian hari. Semoga tidak terjadi. Salam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar